Ototekno

Penyebab Ponsel Cepat Panas dan 7 Cara Mengatasinya


Ponsel adalah salah satu gawai yang selalu sering digunakan, tak lepas dari tangan. Kondisi ponsel cepat panas, merupakan salah satu persoalan yang paling sering ditemui.

Biasanya ponsel jadi cepat panas karena sering digunakan dalam waktu yang cukup lama tanpa ada jeda istirahat. Namun ternyata ada beberapa penyebab lainnya. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan ponsel jadi cepat panas, dirangkum dari berbagai sumber:

Faktor-faktor Penyebab Ponsel Cepat Panas

Charger palsu adalah salah satu penyebab ponsel jadi cepat panas. Sebab, pasokan daya listrik yang dialirkan melalui charger palsu tidak sesuai dengan standar pabrikannya. Selain karena hal yang satu ini, setidaknya terdapat 3 faktor penyebab lainnya.

1. Kinerja Baterai Ponsel Bermasalah

ponsel cepat panas
Ilustrasi baterai ponsel (Foto: iStock)

Alasan lain kenapa ponsel cepat panas bisa juga disebabkan karena baterai bermasalah. Umumnya, masalah ini disebabkan oleh kinerja baterai yang mulai menurun sehingga daya baterai sering bocor. Hal ini bisa jadi latar belakang suhu baterai meningkat dan habis dalam waktu singkat.

Baca Juga  GIIAS 2024 Siap Hadir dengan Area Terluas dan Peserta Terbanyak Sepanjang Sejarah

Tanda bahwa baterai bermasalah bisa diamati dari bodi belakang ponsel yang cepat panas saat sedang digunakan. Ini tergolong masalah yang serius. Jadi, sebisa mungkin segera atasi dengan membawanya ke tempat servis terdekat untuk diperbaiki.

2. Terlalu Banyak Buka Aplikasi

ponsel cepat panas
Ilustrasi aplikasi di ponsel (Foto: shutterstock)

Mulai sekarang kurangi kebiasaan membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Sebab, itu akan membuat ponsel jadi overheat. Terlebih jika aplikasi yang dibuka termasuk aplikasi dengan grafis berat seperti TikTok dan Canva.

Aplikasi-aplikasi dengan grafis berat yang dibuka dalam waktu lama akan membuat CPU ponsel bekerja keras. Peran CPU pada hp sendiri seperti otak pada manusia. Jika dibebani dengan banyak pekerjaan, kinerja akan melambat dan suhunya bisa meningkat.

Baca Juga  Laba-laba Joro Raksasa dan Berbisa akan Menyerang New York?

3. Kecerahan Layar Ponsel Terlalu Tinggi

ponsel cepat panas
Ilustrasi kecerahan layar ponsel (Foto: Pexels)

Tingginya tingkat kecerahan layar ponselmu juga dapat menyebabkan ponsel jadi lebih cepat panas. Hal itu membuat hp bekerja keras dan memakan banyak daya baterai sehingga lebih cepat habis.

Selain membuat baterai cepat habis dan suhu ponsel meningkat, mengatur kecerahan layar terlalu tinggi juga akan membuat mata jadi cepat lelah.

Cara Atasi Ponsel Cepat Panas

Ponsel cepat panas memang dianggap lumrah oleh banyak orang. Tetapi masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana. Berikut adalah cara-cara yang bisa dicoba, antara lain:

1. Atur kecerahan layar ponsel secukupnya, sesuaikan dengan kebutuhan saja. 
2. Hindari menggunakan charger ponsel lain dan selalu gunakan charger bawaan tersebut. 
3. Batasi penggunaan ponsel dan beri jeda setelah digunakan selama 1 jam. 
4. Lakukan pembaruan update OS dan aplikasi secara rutin agar tidak bekerja terlalu berat. 
5. Hindari meletakkan ponsel di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. 
6. Segera uninstall aplikasi bermasalah yang mengganggu kinerja ponsel. 
7. Tutup kembali aplikasi yang sudah digunakan agar CPU tidak bekerja terlalu berat.

Baca Juga  Calvin Verdonk Tampil Apik di Debutnya, Ini Kata Shin Tae-yong

Back to top button