Jateng

Elektabilitas Hendi Tetap Kokoh di Puncak Survey Pilgub Jateng

inilahjateng.com (Jakarta) – Lembaga Survei Indeks Data Nasional (IDN) merilis hasil survei terbaru untuk Pemilihan Gubernur Jawa Tengah Tahun 2024.

Direktur Eksekutif Indeks Data Nasional (IDN) Syifak Muhammad Yus mengungkapkan, survei dilaksanakan pada periode tanggal 5-12 Mei 2024.

“Survei ini kami lakukan dengan 800 responden dan Margin of error 3.46% pada tingkat kepercayaan 95% terhadap segmen wong cilik dan anak muda di Jateng,” kata Syifak, saat merilis hasil survei tersebut di Kantornya, Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (16/5).

Secara khusus, IDN sendiri dalam hasil surveinya menyebutkan jika perhatian calon kepala daerah terhadap wong cilik dan anak muda akan mempengaruhi peta politik dalam Pilkada Jawa Tengah.

Baca Juga  Tak Mau Banyak Janji, Mbak Ita: Sesuaikan Program Dengan APBD

Syifak mengatakan, sifat wong cilik dalam menentukan pilihan yang tertinggi adalah merakyat sebanyak 15,2%, kemudian berpengalaman sebanyak 13,4%, taat beragama sebanyak 11,8% dan memiliki kecerdasan 10,2%.

“Sedangkan pertimbangan wong cilik dalam menentukan pilihan yang tertinggi dilihat dari sosok calon gubernur sebanyak 21,5%, latar belakang agama 14,7 %, dan latar belakang profesi 12,3%,” ungkap Syifak.

Sedangkan untuk kalangan anak muda, lanjut Syifak sifat kepemimpinan yang harus dimiliki gubernur adalah jujur dan bisa dipercaya sebanyak 17%, merakyat 13%, dan pintar atau cerdas sebanyak 9%.

“Untuk pertimbangan dalam menentukan dikalangan anak muda karena sosok gubernur sebanyak 52,6%, latar belakang agama sebanyak 11,6%, dan latar belakang profesi sebanyak 5,9%,” tambahnya.

Baca Juga  Operasi Cipta Kondisi, Sembilan Warga Diamankan Polisi

Adapun untuk tokoh potensial sebagai Gubernur Jawa Tengah merujuk rilis hasil survei IDN pada segmentasi wong cilik, Hendrar Prihadi (Hendi) masih menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi.

Dalam survei top of mind (pertanyaan terbuka), mantan Wali Kota Semarang yang saat ini menjadi Kepala LKPP RI tersebut masih unggul jauh dibanding nama-nama lain.

Hasil survei terbaru ini pun sejalan dengan survei pada bulan – bulan sebelumnya yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei, di anatarnya ARCHI, MIPOS dan LKPI.

Dalam survei Top Of Mind Gubernur Jawa Tengah oleh IDN, Hendrar Prihadi berada di peringkat pertama dengan tingkat elektabilitas 17,8%.

Hendi yang selama ini masih bungkam dalam merespon kontestasi Pilgub Jateng 2024 jauh meninggalkan nama – nama lain yang sudah giat melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Baca Juga  Crazy Rich Grobogan Joko Suranto DaftarnCagub di PSI

Sebut saja Sudaryono yang hanya mampu meraup elektabilitas 11,5% hingga Mei 2024.

Selain itu nama – nama lain yang muncul antara lain adalah Taj Yasin Maimoen 10,5%, Dico Ganinduto 10,2%, Bambang Wuryanto 8,6%, Yusuf Chudlori 17,9%, Kapolda Jateng Ahmad Luthfi 7,9%.

Kemudian Casytha Arriwi Kathmandu 3,7%, Sudirman Said 1,3%, dan sebesar 20,68% menyatana belum menentukan pilihan hingga tidak menjawab. (RED)

Back to top button